Memper(ingat)i Perjuangan Para Pahlawan

20141110_163558

Siswa SMP sedang menaburkan bunga di Taman Makam Pahlawan, Yogyakarta

Yogyakarta (POROS). Sejak Pemerintah menetapkan 10 November sebagai  Hari Pahlawan, beberapa daerah di Indonesia  ramai memperingati hari tersebut. Minggu (10/11) di sudut- sudut kota tampak warga melakukan upacara untuk mengenang para pahlawan. Mereka memperingatinya dengan upacara bendera di sungai, perguruan tinggi, dan Taman Makam Pahlawan (TMP).

Terik matahari disiang hari tidak meluluhkan hati masyarakat untuk tetap meperingati  Hari Pahlawan . Pengunjung memasuki  TMP Negeri yang terletak di kawasan  Kusumananegara Yogyakarta diantaranya orang tua, mahasiswa, serta pelajar dari berbagai sekolah  di Yogyakarta.

Serangkaian kegiatan tersebut seperti melakukan upacara bendera dilanjutkan dengan menaburkan bunga kepada para pahlawan . Wajah sedih tercermin dari  seorang siswa saat ia menaburkan bunga ke salah satu makam para Pahlawan bangsa. “ saya ingin mengenang pahlawan yang memerdekakan bangsa,” ujar Adiana Kalista masih menggunakan seragam sekolahnya.

Selain itu, dengan suara  yang  masih terdayuh  ia  mengungkapkan kalau kita sebagai pemuda dan pemudi bangsa harus meneruskan cita -cita  para pahlawan untuk terus membela dan memajukan bangsa karena itu adalah tugas kita.” kita juga harus bisa menjadi Pahlawan itu sendiri”, terang  Adiana usai menaburkan bunga.

semangat untuk  berhenti menaburkan bunga,Martin salah sah satu pengunjung TMP  sempat tempat terhenyak melihat  makam perwira bangsa,namun sesaat setelah bunga dalam gengamannya habis  ia menuturkan kalau  kita sebagai manusia yang masih merasakan kehidupan harus menghargai  jasa pendahulu kita yang sudah  mempertaruhkan bangsa, “ hargai jasa para pehlawan” ungkap martin dengan kemeja coklat bermotif batik

Ada hal yang membuat Martin prihatin  saat melihat beberapa jiwa  para pejuang  tidak  diketahui  namanya, betapa besar pengorbanan yang tertuang dalam mempertahankan Negara yang berlambangkan garuda ini, “  mereka tetap bagian dari para  pahlawan” terangnya sambil menunggu hujan reda

Ia juga mengatakan Hari Pahlawan bisa juga merupakan moment untuk  mereflesikan diri kita  untuk berbenah serta berharap kepada pemerintah untuk  menjadikan bangsa  yang lebih baik,” harapnnya pembangunan yang memajukan bangsa dan bisa mensejahterakan rakyat, ujar martin sambil meratapi makam para Pahlawan.(Somad)

About PoroS online

Menyibak Realita

Posted on 14 November 2014, in LIPUTAN KHUSUS. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: