PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA

PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA

Judul buku        : SEJARAH ISLAM

Penulis              : Haesham A. Hassaballa dan Kabir Helminski

Penerjemah      : Ira Puspitorini

Penerbit                        : Diglossia, Yogyakarta

Cetakan                       : 1, April 2007

Tebal                : 227

Belakangan ini, semua hal mengenai Islam menjadi pemberitaan hampir semua di media internasional. Kesalahpahaman mengenai ajaran Islam secara tidak langsung memunculkan bibit permusuhan antara umat Islam dan non-Islam. Bagi sebagian orang, terutama di Barat, Islam adalah agama “jahat dan kejam” yang mendukung kekerasan, pembunuhan, sekaligus penindasan terhadap kaum wanita.

Sebagai usaha pencerahan bagi semuanya baik agama Islam maupun non-Islam, buku ini mencoba mengungkapkan apa sebenarnya hakikat dalam ajaran Islam. Buku ini dimaksudkan sebagai semacam panduan sederhana, baik bagi umat Islam maupun non-Islam, yang mencoba mengungkapkan nilai-nilai pokok ajaran Islam.

Haesham A. Hassaballa dan Kabir Helminski menggambarkan ajaran Islam secara umum, membuka wacana tentang pandangan Islam terhadap berbagai hal seperti poligami, gender, dan terutama jihad, yang telah banyak disalah artikan baik oleh umat Islam maupun non-Islam, serta bagaimana Islam memandang berbagai aspek kehidupan lainnya.

Kecintaan penulis terhadap Islam terlihat dalam penggambarkan ringkasan perjalanan Nabi Muhammad SAW, selama beliau berusaha mengajak umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar, kembali menyembah Allah Yang Maha Esa. Tindakan, ucapan dan  Nabi Muhammad selalu diingat dan dicatat, yang akhirnya menjadi rujukan ajaran Islam dan menjadi contoh praktek dan spiritualitas Islam. Hal ini  menunjukkan betapa penghargaan beliau terhadap kehidupan sangatlah besar, sehingga tidak mungkin beliau bersifat kejam dan ‘haus darah’ seperti yang pernah dituduhkan beberapa orang kepada beliau.

Buku ini menjelaskan lima pilar agama Islam yang disebut Rukun Islam, dengan penjelasan yang mudah dimengerti. Lima pokok ajaran Islam ini dijelaskan secara gambling. Mulai dari asal–usul, pelaksanaan, hingga berbagai alasan mengapa umat Islam wajib melakukan lima pilar agama tersebut. Begitu pula dengan Rukun Iman, dijelaskan dengan detail memuaskan keingintahuan mengenai esensi sejati Islam dan alasan umat Islam meyakini keenam hal itu.

Penulis juga menuliskan Al-Quran sebagai UUD dalam peradaban Islam modern. Al-Quran menjadi rujukan bagi mereka yang ingin menetapkan keadilan, mengklaim hak-hak mereka, atau hendak membenarkan tindakan-tindakan mereka, serta mencari inspirasi dan ketenangan spiritual.

Beberapa Hadist yang telah diakui kebenarannya juga diungkapkan dalam satu bab khusus, untuk menunjukkan betapa pentingnya peran ajaran Islam dalam membentuk kepribadian manusia yang ideal, kepribadian dengan akhlaqul karimah yang tiada bandingnya di dunia ini.

Selain itu buku ini juga merangkum semua ketakutan tentang kebebasan, jihad dan gender. Dengan bahasa yang penuh kekaguman, buku ini memberikan pencerahan pada apa yang terjadi semenjak lahirnya Islam sampai perkembangannya di masa kini.

Hadirnya buku ini sebagai pemahaman baru tentang sebuah agama yang berkembang sangat pesat di dunia. Sejarah telah mengungkapkan bahwa Islam memberikan kontribusi yang luar biasa besar terhadap kehidupan manusia. [ida]

 

About PoroS online

Menyibak Realita

Posted on 23 December 2007, in RESENSI. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. ass…wah kurang lengkap tu isi nya soalnya aku mau download ni tapi isi nya kurng,,,map ya
    wass,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: